Top Skills Data Science Tahun 2023

Posting Komentar
Top skill data scientist

Perlu diketahui bahwa profesi di bidang data adalah profesi yang mengalami high demand pada beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah Data Scientist. Profesi Data Scientist tentunya memerlukan berbagai macam keahlian atau skills di bidang Data Science.

Untuk mengawali tahun 2023, terdapat top skills Data Science yang harus dipelajari pada tahun 2023 bagi kamu yang ingin menekuni profesi di bidang data.

Apa itu Data Science?

Data Science adalah suatu bidang ilmu yang fokus untuk mempelajari sesuatu dari dataset skala besar. Bidang keilmuan ini meliputi analisis, persiapan data untuk analisis, dan mempresentasikan penemuan-penemuan dari hasil pengolahan data sebagai penentu pengambilan keputusan bagi perusahaan.

Bidang ilmu dari Data Science menggabungkan kemampuan atau skills dari ilmu komputer, matematika statistik, visualisasi data, grafik, serta bisnis.

Hard skills untuk profesi Data Scientist

hard skill data scientist

Seorang Data Scientist harus mampu membuat model prediksi dan melakukan analisis pada data berdasarkan kebutuhan perusahaan. Proses ini meliputi beberapa langkah seperti ekstraksi data, eksplorasi data, visualisasi data, dan lain-lain. Proses-proses tersebut memerlukan beberapa tools dan skills yang harus dikuasai.

Hard skills yang diperlukan oleh seorang Data Scientist antara lain:

1. Kemampuan statistik

Kemampuan statistik adalah kemampuan dalam menggunakan berbagai macam ilmu statistik untuk mengukur probabilitas dari suatu data. Selain itu, statistik juga dapat digunakan untuk mengetahui sebaran dari suatu data.

2. Programming

Seorang Data Scientist harus memiliki kemampuan dalam bahasa pemograman yang biasa digunakan dalam pengolahan data seperti SQL, Python, R dan lain-lain

3. Machine Learning

Machine Learning adalah suatu mesin yang dikembangkan agar dapat mempelajari pola suatu data secara mandiri. Machine Learning biasa digunakan untuk memprediksi masa depan berdasarkan hasil pembelajaran data historis yang dimiliki oleh perusahaan.

4. AutoML

AutoML adalah sebuah sistem yang bekerja otomatis serta dirancang untuk mampu mencapai atau bahkan mengalahkan machine learning buatan manusia.

5. Deep Learning

Deep Learning adalah bagian dari machine learning dengan algoritma yang terinspirasi dari struktur otak manusia dan dikenal dengan nama Artificial Neural Networks (ANN). ANN memiliki kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan data berskala besar. Selain itu, ANN juga dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang sulit diselesaikan dengan algoritma machine learning secara umum.

6. Cloud Service

Cloud adalah salah satu layanan penyimpanan data yang perlu dikuasai oleh Data Scientist. Dengan cloud, pengolahan data dapat menjadi lebih mudah serta biaya pemeliharaan jauh lebih murah.

Soft Skills untuk Profesi Data Scientist

soft skill data scientist

Selain hard skills, seorang Data Scientist harus memiliki soft skills agar dapat bekerja secara efektif di bidang data. Untuk soft skills yang dibutuhkan antara lain adalah:

1. Intuisi Data

Seorang Data Scientist perlu melatih kepekaannya dalam membaca data agar dapat lebih mudah dalam melihat keunikan atau kejanggalan pada data. Cara untuk mempertajam intuisi terhadap data adalah dengan latihan membaca data dan menarik kesimpulan dari insight atau pola data yang ditemukan.

2. Sense of business atau ketajaman bisnis

Selain harus memiliki intuisi data yang kuat, Data Scientist harus memiliki pemahaman yang mendalam pada bisnis perusahaan. Pemahaman alur bisnis yang baik akan memudahkan Data Scientist untuk menyelesaikan permasalahan berdasarkan data yang ada.

3. Komunikasi

Komunikasi adalah salah satu soft skill paling penting yang dibutuhkan di semua bidang pekerjaan tak terkecuali dengan Data Scientist. Seorang Data Scientist harus mampu menyampaikan hasil pekerjaannya dalam mengolah data kepada stakeholders dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Apalagi tidak semua orang paham bagaimana cara membaca sebuah data. 

Itsna.
Content Writer | Data Enthusiast | Front End Enthusiast | System Analyst

Related Posts

Posting Komentar