Model Machine Learning

Posting Komentar
Machine Learning Models

Machine Learning adalah salah satu ilmu yang ada pada bidang Data Science. Machine Learning digunakan untuk mempelajari suatu data secara mandiri agar dapat menghasilkan prediksi di masa depan berdasarkan data historis.

Machine Learning memiliki tiga kategori yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning. Ketiga kategori tersebut digunakan untuk dataset dengan ketentuan, kondisi, dan tujuan yang berbeda-beda

1. Supervised Learning

Machine learning dengan kategori supervised learning bekerja dengan melatih data input dan output dengan model machine learning. Hasil dari pembelajaran model machine learning akan  menghasilkan pola dan korelasi antara input dan output. 

Contoh dari penerapan model machine learning kategori supervised learning adalah prediksi harga rumah berdasarkan data historis seperti luas tanah, lokasi rumah, dan harga rumah. 
Contoh lainnya adalah klasifikasi positif atau negatif pada diagnosa penyakit kanker. Prediksi ini menggunakan data historis seperti ciri-ciri orang yang positif terkena kanker.

2. Unsupervised Learning

Machine learning dengan kategori unsupervised learning adalah machine learning yang bekerja dengan mempelajari pola pada suatu data yang belum memiliki label. 
Contoh dari machine learning kategori unsupervised learning ini adalah pengelompokan ciri-ciri konsumen dalam membeli produk tertentu.

3. Reinforcement Learning

Machine learning dengan kategori reinforcement learning ini adalah machine learning dengan cara memelihara data dan membuat prediksi berdasarkan faktor-faktor lingkungan. Secara sederhana, reinforcement learning melakukan proses latihan pada model machine learning untuk membuat berbagai macam keputusan.

Komputer dengan implementasi reinforcement learning akan melakukan trial dan error untuk menyelesaikan masalah. Ketika model menghasilkan kebenaran, maka model akan mendapatkan rewards Sedangkan ketika model menghasilkan kesalahan, maka model akan mendapatkan punishments. 

Model machine learning reinforcement learning merupakan model paling baru, paling intensif, dan paling mirip dengan cara berpikir manusia dalam pengembangannya sejauh ini. 
Itsna.
Content Writer | Data Enthusiast | Front End Enthusiast | System Analyst

Related Posts

Posting Komentar