Perbedaan Data Analyst dan Business Analyst

Posting Komentar

Perbedaan Business Analyst dengan Data Analyst
Perbedaan Business Analyst dan Data Analyst

Pasti banyak dari kalian yang bingung mengenai apa saja perbedaan dari Data Analyst dan Business Analyst. Perlu diketahui bahwa lowongan pekerjaan sebagai Data Analyst dan Business Analyst sedang menjamur di Indonesia. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan peran Data Analyst dan Business Analyst dalam mencapai tujuan bisnisnya. Lalu apa saja perbedaan antara Data Analyst dan Business Analyst? Mari kita simak pengertian dari Data Analyst dan Business Analyst agar dapat lebih memahami perbedaannya.

Pengertian Data Analyst

Data Analyst adalah seorang profesional yang bertugas dalam mengumpulkan, mengatur, dan menganalisa data untuk mempelajari pola, tren, atau hubungan tertentu. Seorang Data Analyst menggunakan metode statistik dan software data visualization seperti BI Tableu dan Google Looker Studio (dulu dikenal dengan nama Google Data Studio) untuk mengidentifikasi hasil sudut pandang yang diperoleh dan menarik kesimpulan dari suatu data.

Seorang Data Analyst sering bekerja dengan banyak dataset dan bertanggung jawab dalam mengumpulkan, membersihkan, serta mengatur data. Hasil dari insight pada pola atau tren data yang ditemukan oleh Data Analyst akan dipresentasikan pada pemangku kepentingan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan.

Contoh Pekerjaan Data Analyst

Contoh pekerjaan Data Analyst di dunia nyata adalah menganalisa data penjualan untuk mengidentifikasi tren pada perilaku pembelian yang dilakukan oleh konsumen (customer purchasing behaviour). Misalnya ketika Data Analyst melihat pola penjualan handuk yang meningkat pada bulan-bulan musim panas. Data Analyst akan menyarankan kepada stakeholders untuk meningkatkan penjualan produk tersebut pada musim panas.

Contoh kasus kedua yang bisa dikerjakan oleh Data Analyst adalah mengidentifikasi pola pada suatu penyakit. Misalnya adalah Data Analyst menangkap pola tren penyakit kanker tertentu yang lebih umum diderita pada usia tertentu. Data Analyst akan menyarankan program screening sedini mungkin untuk mendeteksi penyakit kanker.

Pengertian Business Analyst

Business Analyst adalah pekerjaan yang membutuhkan data untuk menentukan keputusan bisnis dan menyelesaikan masalah pada perusahaan. Seorang Business Analyst bekerja sama dengan stakeholders untuk memahami kebutuhan dan tujuan bisnis dari perusahaan.

Data digunakan oleh Business Analyst untuk identifikasi berbagai macam kemungkinan untuk perubahan keputusan bisnis. Business Analyst juga bertanggung jawab dalam membuat rancangan bisnis, mengembangkan dan memantau Key Performance Indicators (KPIs), dan membuat laporan/dashboard untuk dipresentasikan kepada stakeholders perusahaan.

Contoh Pekerjaan Business Analyst

Contoh pekerjaan seorang Business Analyst pada dunia nyata pada dunia manufaktur adalah analisa data pada data produksi dan biaya untuk mengidentifikasi hambatan pada proses produksi. Misalnya ketika Business Analyst menemukan beberapa mesin yang menjadi penyebab kemacetan produksi, mereka akan menyarankan berbagai macam alternatif untuk mengurangi hambatan yang terjadi.

Contoh lainnya adalah ketika seorang Business Analyst menganalisa data konsumen untuk mengidentifikasi tren penggunaan produk pada perusahaan perangkat lunak. Mereka akan menyarankan penambahan fitur-fitur baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Misalnya adalah ketika Business Analyst menemukan pola bahwa sebagian besar pengguna mengalami kesulitan pada fitur tertentu, mereka akan menyarankan perbaikan pada fitur tersebut.

Kesimpulan Perbedaan Data Analyst dan Business Analyst

Terdapat beberapa jobdesk antara Data Analyst dan Business Analyst yang saling tumpang tindih. Seseorang yang ingin memulai karirnya di bidang data perlu untuk mengetahui lebih dalam mengenai tanggung jawab dari masing-masing pekerjaan tersebut.

Seorang Data Analyst secara umum fokus dalam menganalisa data untuk memahami berbagai macam pola, tren, dan hubungan antara satu atau lebih pada variabel data. Sementara itu, Business Analyst lebih fokus untuk menggunakan data sebagai acuan dalam pengambilan keputusan bisnis dan penyelesaian masalah.

Itsna.
Content Writer | Data Enthusiast | Front End Enthusiast | System Analyst

Related Posts

Posting Komentar